Songs

Pages

Minggu, 13 Januari 2013

The Confidant (TVB Series)

Sinopsis Singkat

The Confidant (Great Eunuch) merupakan film produksi TVB HongKong yang mengambil latar pada masa pemerintahan Kaisar Tong Zhi dari dinasti Qing (1861-1875). 
Li Lian Ying (Wayne Lai) dan An De Hai (Raymond Cho) adalah 2 orang kasim istana yang berasal dari keluarga tidak mampu. Mereka mempunyai latar belakang yang berbeda di mana Li Lian Ying masih mempunyai keluarga di luar istana sementara An De Hai tidak mempunyai siapapun juga kecuali seorang adik perempuan yang terpisah darinya sejak mereka kecil dan masih terus dicarinya.
Lian Ying dan De Hai menjadi murid dari kasim senior, Liu Duo Sheng, dan menjadi saudara angkat. De Hai sendiri adalah kasim favorit dari Ibu Suri Ci Xi (Michelle Yim) dan bahkan ia menjadi kepala kasim namun sayangnya De Hai seorang yang ambisius dan serakah. Sementara Lian Ying mempunyai sifat yang bertolak belakang.
Sesuai dengan catatan sejarah, Lian Ying pada akhirnya menggantikan posisi De Hai sesudah An De Hai wafat.


The Confidant IMO

Film yang sebagian besar berpusat pada kehidupan para kasim istana ini menceritakan bagaimana perjuangan hidup seorang yang tinggal di istana. Sama halnya tentang film-film tentang emperor's harem (Istana Belakang) pada umumnya yang biasanya melibatkan konflik dan intrik antara para selir, kasim maupun pelayan di mana tidak ada tokoh yang benar2 baik maupun benar2 jahat. Semua tokoh berada dalam wilayah abu-abu karena mereka berjuang untuk melindungi diri sendiri dan bertahan hidup. Dijebak dan menjebak, hari ini kawan besok menjadi lawan, memanfaatkan orang lain dan mencari orang yang paling berkuasa untuk tempat bersandar telah menjadi suatu hal yang harus dilakukan. Kalau tidak menjebak, bisa saja dijebak. 
Film yang sebenarnya dibuat dalam bahasa Hokkian ini awalnya membuat saya kurang tertarik karena tidak terbiasa dengan film dinasti Qing yang berbahasa Hokkian. Menurut pendapat pribadi saya, film tentang dinasti Qing yang jelas2 berlokasi di China (Beijing) seharusnya berbahasa Mandarin. Tapi untunglah DVD yang saya beli sudah di dubbing ke bahasa China.
DVD yang dijual luas walaupun sudah di dubbing tetapi subtitlesnya masih seperti kapal selam yang kadang ada kadang menghilang. Jadi ada saat ketika subtitle itu tenggelam dan kebetulan percakapan di film sedang pakai bahasa yang berat, saya serasa nonton film berbahasa kalbu.
Mungkin untuk mereka yang sama sekali tidak mengetahui latar belakang kaisar Tong Zhi, ibu suri Ci Xi, ibu suri Ci An, Li Lian Ying dan An De Hai dalam sejarah ataupun tentang hukum dinasti Qing akan merasa kebingungan dengan apa yang diceritakan dalam film ini. Apalagi ditambah dengan subtitle yang tidak memadai.

Casting

Secara casting, saya pribadi merasa asing dengan sebagian besar pemain2nya karena tidak pernah menonton film buatan TVB kecuali Condor Heroes Trilogy yang jaman jebot itu. Bahkan dari keseluruhan jajaran pemain, saya cuma mengetahui 3 orang saja

Wayne Lai as Li Lian Ying

Aktor yang satu ini memang memiliki wajah yang kocak. Peran Wayne Lai yang paling familiar di Indonesia mungkin ketika ia menjadi Ti Pat Kay dalam film Journey To The West. Yup, dia adalah Pat Kay yang terkenal dengan kata2 "Sejak dulu beginilah cinta, deritanya tiada akhir"
^^
Untuk para penggemar Condor Heroes Trilogy, Wayne juga pernah berperan sebagai Lao Wan Tong (Bocah Tua Nakal) dalam LOCH 1994 dan ROCH 1995.

Wayne Lai as Pat Kay
Michelle Yim as Empress Dowager Ci Xi

Aktris kawakan yang sudah malang melintang di dunia entertainment sejak tahun 70-an ini mungkin menjadi idola orang tua kita. Secara pribadi, sejak kecil saya seringkali mendengar nama Mi Xue (Michelle Yim) dari orang tua saya. 
Michelle Yim adalah the first actress who acted as Huang Rong in first television series adaption of Legend of Condor Heroes in 1976. Dan dia juga satu2nya aktris yang dipercaya untuk memerankan Huang Rong dewasa di Return of Condor Heroes 1977/1978. ( Sampai saat ini belum ada lagi seorang aktris yang dipercaya memerankan Huang Rong versi muda dan versi dewasa ). Selain itu Michelle juga pernah berperan sebagai guest star dalam film Gong 2 (sekuel ngaco dari film Gong - Jade Palace Lock Heart yang juga ngaco)

Michelle Yim as Huang Rong in LOCH 1976


Maggie Shiu as Empress Dowager Ci An


 Artis kawakan TVB yang satu ini pertama kali saya lihat perannya sebagai Imperial Consort Liang  dan juga Queen Heseri dalam film Gong - Jade Palace Lock Heart. Consort Liang sendiri adalah ibu kandung dari Pangeran ke 8 Yin Si.



Jajaran Pemain The Confidant

Other Cast

Imperial servants

  • Raymond Wong as Yiu Sheung-hei (姚雙喜), a eunuch who serves in the medical department.
  • Edwin Siu as Ling Tim-sau (凌添壽),[4] a eunuch, and Lin-ying's apprentice.
  • Power Chan as Pang Sam-shun (彭三順), a seventh-ranking eunuch who serves in the management bureau.
  • Nancy Wu as Sin-yung (倩蓉),[5] a palace maid who initially serves Concubine Yuen.
  • Elliot Ngok as Chan Fuk (陳福), the Head Eunuch.
  • Chung King-fai as Lau Dor-sang (劉多生), an elderly eunuch who serves in the archives room; he is also the sifu of Lin-ying and Tak-hoi.

[edit]Royal family

  • Oscar Leung as the Tung-chi Emperor (同治帝),[6] the teenage son of Ci Xi, and the current emperor of China.
  • Natalie Tong as Empress Ka-shun (嘉順皇后), a relative of Chee-on and Tung-chi's wife
  • Cheung Kwok-keung portrays Imperial Prince Kung (恭親王), Tung-chi's uncle.
  • Aimee Chan as Princess Wo-shek (和碩公主), Tung-chi's aunt.
  • Selena Li portrays Dowager Concubine Yuen (婉太繽), Ham-fung Emperor's concubine residing in King-yan Palace. Li signed to appear on only the first five episodes.


External Sources :
http://en.wikipedia.org/wiki/The_Confidant
Google Images






0 comments:

 
Copyright (c) 2010 Fe's Little Things. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes And Web Hosting Reviews.