Songs

Pages

Sabtu, 20 Juli 2013

Xiao Ao Jiang Hu 2013 / Swordsman

Oke.. Terpaksa melupakan dulu postingan tentang Guo Xiang and Her Life Story. Awalnya memang berencana untuk posting tentang itu, namun ternyata cukup sulit karena untuk merangkum kisah hidup putri bungsu dari pasangan pendekar Guo Jing dan Huang Rong itu minimal harus baca dulu 2 novel yang sayangnya masih dalam bahasa Inggris yaitu “Shen Diao Xia Lu” dan “Yi Tian Du Long Ji” serta referensi lain.
Jadi mari kita beralih dahulu ke postingan lain… J

Xiao Ao Jiang Hu

Novel klasik karya Jin Yong ini diterbitkan di Indonesia pertama kali pada tahun 1967 dengan judul Pendekar Hina Kelana. Adapun novel ini juga memiliki judul lain seperti Balada Kaum Kelana (bhs Indonesia), Siau Go Kang Ouw (bhs Hokkian), Smiling Proud Wanderer serta State of Divinity (bhs Inggris). Berbeda dengan cerita Jin Yong lainnya yang mempunyai prediksi masa yang jelas seperti Duke of Mount Deer yang mengambil latar masa pemerintahan Kaisar Kang Xi dari dinasti Qing, Legend and Return of Condor Heroes yang berlatar pada masa pemerintahan Jengis Khan sampai Kubilai Khan dan Heaven Sword and Dragon Sabre yang berkisah pada masa akhir dinasti Yuan serta awal dinasti Ming. Masa pada Xiao Ao Jiang Hu ini hanya bisa diprediksi yaitu sekitar abad ke XVI di mana hal ini dikarenakan pada cerita disebutkan Wu Dang Bai (Bu Tong Pay) dan Hua Shan Bai (Hoa Shan Pay) yang telah berusia ratusan tahun.
Tokoh utama dalam cerita ini adalah seorang pemuda yang merupakan murid tertua dari Perguruan Hua Shan yaitu LingHu Chong. Di mana pada masa itu, Hua Shan merupakan salah satu dari 5 perguruan pedang yang bergabung menjadi Panca Tunggal Aliran Lurus (Wu Yue Jian Bai) yang mempunyai musuh besar aliran sesat (Mo Jiao) yang bernama Aliran Matahari Rembulan.
LingHu Chong sebagai tokoh utama awalnya mempunyai tambatan hati yaitu adik perguruannya sendiri yang bernama Yue Ling Shan. Ling Shan juga merupakan putri tunggal dari Ketua Hua Shan, Yue Bu Qun, yang sekaligus merupakan guru LingHu Chong. Namun Ling Shan hanya menganggap LingHu Chong sebagai kakak seperguruan saja dan ia malah jatuh cinta dengan murid bungsu Hua Shan yaitu Lin Ping Zhi.
Alasan Yue Bu Qun menerima Lin Ping Zhi sebagai murid adalah karena orang tua Lin Ping Zhi memiliki ilmu pedang yang konon sangat luar biasa yaitu Bi Xue Jian Bu.
Di sisi lain, aliran sesat saat itu dipimpin oleh Dong Fang Bu Bai, seorang pria yang mengebiri dirinya sendiri dan berubah menjadi setengah wanita, demi menguasai ilmu tertinggi dari aliran sesat yaitu Gui Hua Bao Dian. Dong Fang Bu Bai sendiri memperoleh posisi sebagai ketua aliran sesat dengan cara licik. Ia menyusun siasat untuk menyingkirkan ketua sebelumnya yaitu Ren Wo Xing, ayah dari Ren Ying Ying, sang tokoh wanita utama dalam cerita Xiao Ao Jiang Hu.
Berbagai hal dialami oleh LingHu Chong seperti patah hati karena Yue Ling Shan lebih memilih Lin Ping Zhi, diusir dari perguruan karena gurunya menuduh ia mencuri kitab pusaka Hua Shan (Zi Xia Mi Ji/ Kitab Ungu) dan membunuh adik seperguruannya (Lu Da You), pertemuan dengan Ren Ying Ying di Hutan Bambu di mana pada awal pertemuan LingHu Chong memanggil Ying Ying yang mukanya ditutupi cadar sebagai “Nenek”, pertemuan dengan Feng Qing Yang yaitu salah satu leluhur dari Hua Shan dan mengajarkan jurus pedang Du Gu kepada LingHu Chong dan lain-lain. Di mana setiap pengalaman LingHu Chong membuatnya berubah dari pemuda yang hanya mempunyai ilmu silat pas-pasan dan berasal dari partai terkecil dari 5 partai pedang menjadi seorang pemuda dengan ilmu tinggi yang mampu mengalahkan Dong Fang Bu Bai, sang pendekar nomor 1 dunia persilatan.
Kisah dari Xiao Ao Jiang Hu diramu secara menarik oleh Jin Yong dengan banyak pelajaran yang bisa dipetik salah satunya mengenai sifat dasar manusia seperti takabur, ingin menguasai sesuatu hal, ambisi yang tidak wajar, menghalalkan segala cara demi mencapai keinginannya dll. Cerita yang konon merupakan tanggapan Jin Yong terhadap para dictator dunia seperti Stalin dan Mussolini ini telah diangkat ke layar kaca maupun layar lebar.
Pada tahun 1984, Chow Yun Fat pernah memerankan LingHu Chong dalam film yang berjudul The Smiling, Proud Wanderer berpasangan dengan Rebecca Chan (Ren Ying Ying) dan Jamie Chik (Yue Ling Shan). Tahun 1990 dibuat Swordsman dengan Cecilia Yip berperan sebagai Yue Ling Shan. Jet Li dan Brigitte Lin juga pernah berperan dalam film Swordsman ini pada tahun 1992. Serial TV terakhir yang diadapsi dari novel ini dibuat pada tahun 2001 dengan judul Laughing in The Wind yang dilakoni oleh Li Ya Peng ( actor ini juga memerankan tokoh Guo Jing pada tahun 2003).

SWORDSMAN 2013

Notes : Jangan membandingkan kisah ini dengan adaptasi sebelumnya ataupun dengan novel aslinya. Anggaplah ini adalah kisah baru dan untuk para pakar wuxia harap jangan banyak berpikir ketika menonton film ini karena semakin anda berpikir maka film ini akan terasa semakin ngaco. Terima apa adanya, jangan banyak berharap dan jangan menganalisa cerita dengan mendetail adalah salah satu kunci untuk terlepas dari kekecewaan atas film2 “klasik” yang disutradarai Yu Zheng.

Setelah 1 dekade, akhirnya dibuat lagi adaptasi dari novel Xiao Ao Jiang Hu ini ke layar kaca. Adaptasi yang tentunya dinanti2 oleh para penggemar wuxia ternyata tidak seindah harapan. Disutradarai oleh Yu Zheng, sang penulis naskah kontroversional, adaptasi ini mengundang banyak sekali kontroversi. Seperti alur yang tidak sesuai dengan novelnya, di mana hal ini mengundang banyak pertanyaan karena Jin Yong bukanlah orang yang dengan mudahnya membiarkan setiap adaptasi digubah seenaknya oleh para sutradara ataupun penulis naskah, mengubah boleh tapi jangan mengubah inti dan alur dari cerita kurang lebih itu yang pernah disampaikan oleh Jin Yong. Contoh saja TVB yang diboikot Jin Yong karena membuat film Flying Fox of The Snowy Mountain agak2 melenceng dari naskah aslinya, dan kali ini Yu Zheng bisa bebas membuat Xiao Ao Jiang Hu 2013 menjadi sangat aneh tanpa diboikot oleh Jin Yong??

Apa saja keanehan Swordsman 2013 ini ?
  • Alur yang dirubah.
  • Penghilangan beberapa tokoh dalam novel seperti Enam Dewa dari Lembah Persik di mana peran ke6 dewa itu digantikan oleh Dong Fang Bu Bai!
  • Pemotongan adegan dari Lead Female. Sebenarnya sih adegannya ga dipotong, tapi pemeran dari adegan itu diganti. Awalnya adegan2 itu dibuat sebagai bagian dari perjalanan cinta LingHu Chong dengan Ren Ying Ying, namun oleh Yu Zheng peran Ren Ying Ying digantikan oleh Dong Fang Bu Bai!!
  •  DONG FANG BU BAI. Sang tokoh antagonis dalam serial ini menjadi satu keanehan tersendiri. Dalam novel aslinya, peran Dong Fang Bu Bai sebagai orang nomor satu dalam dunia persilatan itu dibuat sangat minim. Hanya muncul di depan dan di belakang. Namun dalam karya Yu Zheng, Dong Fang Bu Bai malah berseliweran hampir di tiap episode (menurut salah satu sumber, scene DFBB di sini mencapai 100 scene) dan sibuk “mengambil jatah” peran orang lain. Belum cukup sampai di sini, DFBB diceritakan memiliki seorang adik perempuan yang tak lain adalah seorang Biksuni yang diam2 mencintai LingHu Chong yaitu Yi Lin
  • Plastic SurgeonBenar-benar luar biasa ketika seorang tabib dalam serial ini bisa melakukan operasi plastik untuk merubah wajah seseorang dari buruk rupa menjadi cantik. Apakah tabib ini adalah leluhur dari para dokter bedah plastik saat ini
  • Heart Transplantation. Ya, dalam serial ini juga ada transplantasi jantung di mana donornya adalah DFBB dan resipiennya adalah RYY dengan bantuan tabib sakti itu. Transplantasi jantung yang diceritakan di episode2 akhir ini menurut beberapa sumber terinspirasi dari ending Painted Skin II di mana Xiao Wei berkorban untuk Putri Jing dan pada akhirnya Xiao Wei dan Putri Jing melebur menjadi 1 raga yaitu raga Putri Jing. Dan dalam kisah ini, DFBB dan RYY melebur menjadi 1 raga yaitu raga Ren Ying Ying namun jantungnya adalah jantung DFBB 
Untuk synopsis lengkapnya dapat dilihat di sini


Dan “kreativitas” Yu Zheng atas diri DFBB terus berlanjut seperti :
1.       DFBB terlahir sebagai perempuan.
WOW!! Ini merupakan satu keunikan yang luar biasa. Memang, dalam beberapa film tokoh DFBB diperani oleh aktris2 seperti Liu Xue Hua (Leanne Liu) dan juga Brigitte Lin. Namun hal ini disebabkan karena DFBB adalah “seorang pria yang mengebiri dirinya sendiri demi menguasai ilmu silat maha sakti sehingga berubah menjadi agak kewanita-wanitaan”. Namun dalam karya Yu Zheng, DFBB adalah perempuan 100% dan terlahir sebagai perempuan!
2.       DFBB memiliki guru yaitu Du Gu Qiu Bai.
Yang ini juga merupakan hal yang luar biasa dan mungkin bisa bikin para penggemar wuxia histeris. Du Gu Qiu Bai merupakan jago pedang nomor satu dalam dunia persilatan namun dia hidup di masa sebelum Yo Ko. Bahkan Yo Ko sekalipun tidak pernah bertemu dengan Du Gu Qiu Bai dan hanya mewarisi ilmu pedang peninggalannya saja.
Dalam Xiao Ao Jiang Hu diceritakan perguruan besar seperti Bu Tong telah berusia ratusan tahun. Padahal Bu Tong belum muncul sama sekali pada zaman Yo Ko. Intinya kalau menurut alur, Xiao Ao Jiang Hu muncul beberapa ratus tahun sesudah zaman Yo Ko.
So, bagaimana bisa DFBB bertemu dan menjadi murid Du Gu Qiu Bai?
Kalau guru DFBB adalah Du Gu Qiu Bai, untuk apa DFBB berambisi merebut posisi ketua aliran sesat demi mempelajari kitab Gui Hua Bao Dian dan menjadi orang nomor satu di dunia persilatan?
3.       Kisah cinta LingHu Chong dan DFBB.
Kisah cinta yang seharusnya dibuat antara LingHu Chong dengan Ying Ying dirubah menjadi dengan DFBB. Secara otomatis hal ini mengurangi jatah peran Ying Ying dalam serial. Lead Female seakan berubah dari Ying Ying menjadi DFBB di bagian awal, dan berubah lagi menjadi Ying Ying di bagian ending. Alhasil, chemistry antara LingHu Chong dengan Ren Ying Ying dalam serial ini bisa dikatakan tidak ada sama sekali. Yang ada malah chemistry antara LingHu Chong dengan Dong Fang Bu Bai dan juga dengan Yue Ling Shan pada awal cerita.
LingHu Chong dan Yue Ling Shan


LingHu Chong dan Dong Fang Bu Bai

Terlepas dari semua kontroversi, serial ini memiliki rating yang terbilang sangat tinggi. Yah, hampir sama dengan serial Palace I dulu yang dibintangi oleh William Feng dan Mini Yang. Persamaan dari kedua serial ini adalah sama2 memiliki rating tinggi, sama2 ngaco, sama2 meleset dari novel ataupun sejarah, sama2 mencontek adegan film lain namun sama2 membuat para pemeran utamanya menjadi terkenal.

*       Wallace Huo as LingHu Chong
Aktor Taiwan yang biasanya memerankan peran kalem dan cool ini seperti di At The Dolphin Bay, 100% Senorita maupun di Chinese Paladin 3. Ternyata, cukup mampu memerankan karakter LingHu Chong yang cuek, seenaknya, suka minum arak dll. Thumbs up for Huo Jian Hua, perannya sebagai LingHu Chong sedikit banyak mirip dengan peran Hu Ge sebagai Jing Tian yang kocak di Chinese Paladin 3.



*    Yuan Shan Shan as Ren Ying Ying



  No comment tentang aktris yang juga merupakan classmate dari Mini Yang (Yang Mi). Dua kali nonton serial dia, dan saya sama2 tidak terkesan dengan aktingnya yang menurut saya cukup datar dan wajah yang tergolong biasa saja jika dibandingkan dengan para aktris lainnya.


Ren Ying Ying



*       Joe Chen as Dong Fang Bu Bai
Aktris drama Taiwan yang pernah kalah dari Ariel Lin dalam nominasi Golden Bell Awards ini dan yang pernah disebut-sebut tidak mempunyai perkembangan acting apapun sejak perannya dalam Prince Who Turns Into Frog dan Fated To Love You, akhirnya berhasil melejit kembali lewat perannya sebagai DFBB versi Yu Zheng. Ya, Chen Qiao En berhasil merebut dan menaikkan popularitasnya kembali lewat aktingnya yang luar biasa dalam Swordsman 2013 yang mempertemukannya kembali dengan mantan kekasihnya, Wallace Huo, setelah kolaborasi terakhir mereka dalam 100% Senorita di tahun 2004.
Alasan pemilihan Qiao En sebagai DFBB ternyata dikarenakan istri dari Jin Yong ternyata adalah fans berat aktris Taiwan kelahiran tahun 1979 ini. DFBB versi Joe ini berhasil merebut simpati masyarakat luas dan sekarang Joe juga meluncurkan bukunya yang berjudul East Is Red.
Joe adalah daya tarik tersendiri dalam Swordsman 2013 ini bahkan dibuatkan mini seri tentang DFBB yang merupakan endorse dari game RPG.

Dong Fang Bu Bai

Joe Chen Qiao En


Endorse untuk game RPG bisa dilihat di Youtube

This is Dong Fang Bu Bai, the villain,  not Xiao Long Nu



Nama Dong Fang Bu Bai (方不) sendiri diartikan sebagai Di Timur Tak Terkalahkan, yang diambil dari satu kalimat yaitu 日出方, 唯我不 yang artinya ketika matahari terbit di timur, hanya sayalah sang pemenang.

*      Yang Rong as Yue Ling Shan

Artis kelahiran tahun 1981 ini ternyata masih mempunyai wajah yang cukup imut untuk memerankan seorang gadis muda. Yang Rong berperan sangat apik dalam memerankan adik seperguruan yang pernah sangat dicintai oleh LingHu Chong. Bersama dengan Wallace Huo, Yang Rong berhasil membuat chemistry antara LingHu Chong dengan Yue Ling Shan. Kisah cintanya dengan Lin Ping Zhi juga tidak kalah menariknya walaupun harus berakhir tragis. Thumbs up for Miss Yang..^^


*     Chen Xiao as Lin Ping Zhi

Aktor yang merupakan salah satu kesayangan Yu Zheng ini juga sangat pas memerankan Lin Ping Zhi yang mempunyai ambisi balas dendam atas kematian kedua orang tuanya dan rela menggunakan segala cara demi dendamnya itu, salah satunya pura2 mencintai Yue Ling Shan dan juga rela mengebiri dirinya sendiri demi menguasai ilmu dalam kitab Bi Xue Jian Bu. FYI, Chen Xiao juga akan memerankan peran Yo Ko dalam adaptasi Yu Zheng berikutnya mengenai Return of Condor Heroes. Di mana peran Bibi Lung akan diperankan oleh AngelaBaby dan Guo Fu akan diperankan oleh Yuan Shan Shan. Oke,, think I need to prepare myself for another stupidity of Yu Zheng. What a mess will he make for classic ROCH series?

*    Howie Wong dan Yang Ming Na as Yue Bu Qun dan Ning Zhong Ze




Other Casts
  • Deng Sha as Yilin
  • Han Dong as Tian Boguang
  • Heizi as Ren Woxing
  • Hu Dong as Zuo Lengshan
  • Lü Jiarong as Lan Fenghuang
  • Bryan Leung as Feng Qingyang
  • Sun Binhao as Xiang Wentian
  • Zhang Zhuowen as Lu Dayou
  • Huo Zhengyan as Liu Zhengfeng
  • Zhou Muyin as Liu Zhengfeng's wife
  • Zong Fengyan as Qu Yang
  • Kou Zhenhai as Lin Zhennan
  • Bai Shan as Lin Zhennan's wife
  • He Jiayi as Dingyi
  • Dicky Cheung as Lüzhuweng
  • Zhang Tianyang as Ji Wushi
  • Xie Ning as Laotouzi
  • Zhang Xueying as Laobusi
  • Guo Dongdong as Gu Tong
  • Wang Shuang as Bai Ying
  • Cheng Cheng as Lao Denuo
  • Marco Li as Yu Canghai
  • Wang Renjun as Ping Yizhi
  • Zhang Qian as Huahua
  • Wang Zhifei as Master Wang
  • Shao Min as Dingjing
  • Hai Lu as Yuniang
  • Zhao Liang as Heibaizi
  • Wang Jianxin as Huang Zhonggong
  • Ren Quan as Dan Qingsheng
  • Bao Bei'er as Tubiweng
  • Zhang Haoxiang as Mo Da
  • Qian Yongchen as Yu Renhao
  • Shen Baoping as Zu Qianqiu
  • Wei Qianxiang as Sun Jiantong



Referensi :
-   Kaypang Gallery
 Google Images
 Buku 15 Ikhtisar Karya Asli Jin Yong oleh Yan Widjaya
- www.wuxiaedge.com
- Wikipedia


Disclaimer : saya tidak memiliki hak apapun atas foto-foto yang terdapat di blog Swordsman ini. Hak yang saya miliki hanyalah sebatas hak atas narasi dalam blog ini.

2 comments:

Unknown mengatakan...

Nice review

Bopayz mengatakan...

Gw rasa sih, si sutradara terpengaruh film swordman 2 1992, jetlie dan Lin Ching Hsia, yg memang sukses bikin baper penonton lihat chemistry antara LHC dan DFBB, Lin Ching Hsia is the best di film ini, sampai di buat sequalnya (Swordman 3) khusus nyeritain kelanjutan DFBB

 
Copyright (c) 2010 Fe's Little Things. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes And Web Hosting Reviews.